Oleh: dr See Hui Ti

Kanker payudara merupakan kanker paling umum dijumpai pada wanita, serta menjadi  kanker paling umum kedua di antara semua jenis kanker.

Seiring dengan meningkatnya kejadian kanker payudara, peningkatan kesadaran akan risiko, diagnosis, dan penatalaksanaan kanker payudara tetap menjadi hal yang penting. Berikut ini 8 pertanyaan yang sering dijumpai di tengah masyarakat tentang kanker payudara.

Benarkah semakin tua seseorang, semakin besar kemungkinan terkena kanker payudara?

Memang benar, semakin tua usia kita, semakin tinggi pula risiko terkena kanker payudara. Meski demikian, bukan berarti generasi muda tidak terdiagnosis penyakit tersebut. Faktanya, laporan terbaru menunjukkan bahwa terdapat insiden kanker payudara yang lebih tinggi di kalangan remaja berusia 20-an.

Oleh karena itu, setiap individu pada umumnya harus menjaga diri dengan baik guna mengurangi risiko terkena kanker payudara dan penyakit kritis lainnya.

Jika seorang ibu mengidap kanker payudara, seberapa besar kemungkinan putrinya terkena kanker tersebut?

Jika seorang wanita mempunyai riwayat kanker payudara dalam keluarga—yaitu ibu, bibi, atau saudara perempuannya pernah/menderita penyakit tersebut—dia memiliki kemungkinan 6–8 kali lebih besar terkena kanker payudara seumur hidupnya dibandingkan dengan populasi umum.

Hal ini mungkin disebabkan oleh riwayat keluarga yang mengalami mutasi genetik yang diturunkan yang dapat menyebabkan penyakit keturunan. Namun, perlu dicatat bahwa mutasi genetik BRCA bawaan yang terkait erat dengan kanker payudara relatif jarang terjadi.

Untungnya, meskipun seorang wanita mempunyai risiko tinggi terkena kanker payudara, kemajuan dalam bidang kedokteran dan teknologi medis telah menghasilkan tingkat kesembuhan lebih tinggi, terutama bila penyakit ini terdeteksi sejak dini.

Jika seorang wanita didiagnosis kanker payudara stadium 4, apakah dia masih memerlukan pengobatan?

Kita tahu bahwa kanker dapat dibagi menjadi Stadium 0, 1, 2, 3, dan 4. Pada Stadium 0, sel kanker berada di kelenjar susu dan tidak dapat menyebar. Ini dikenal sebagai karsinoma in situ. Pada Stadium 1 dan 2, kanker dianggap berada pada stadium awal. Pada Stadium 3, terdapat keterlibatan kelenjar getah bening, sedangkan pada Stadium 4, kanker telah bermetastasis, atau menyebar ke organ lain.

Meskipun demikian, beberapa pasien kanker payudara masih dapat disembuhkan pada Stadium 4 jika tingkat metastasisnya kecil. Sayangnya, jika kanker sudah bermetastasis ke organ penting seperti hati atau paru-paru, kemungkinan penyembuhannya relatif rendah, yakni kurang dari 10 persen. Dalam kasus seperti ini, pengobatan diberikan dengan tujuan paliatif untuk meringankan gejala dan memperpanjang hidup.

Apa pendekatan pengobatan khas untuk kanker payudara?

Pendekatan pengobatan untuk kanker payudara bergantung pada banyak faktor yang berhubungan dengan tumor dan pasien. Kanker payudara dapat diangkat melalui pembedahan diikuti dengan kemoterapi dan pengobatan oral untuk mengurangi kemungkinan kekambuhan.

Dalam kasus lain, kemoterapi dengan atau tanpa terapi target dapat diberikan terlebih dahulu untuk mengecilkan tumor, kemudian diikuti dengan pembedahan. Setelah pengobatan, kanker ditegakkan kembali untuk menentukan respons penyakit terhadap pengobatan.

Apakah pasien perlu melakukan tindak lanjut, bahkan setelah kankernya sembuh total?

Pasien disarankan untuk kembali ke rumah sakit secara berkala setelah perawatan untuk pemeriksaan ulang fisik dan pemindaian ultrasonografi untuk memantau tanda-tanda kekambuhan atau metastasis.

Seberapa bermanfaatkah kemoterapi?

Kemoterapi biasanya diberikan untuk tujuan pencegahan atau pengobatan. Kemoterapi preventif melibatkan pemberian kemoterapi untuk mencegah tumor menetap di dalam darah, sedangkan pengobatan kemoterapi melibatkan penyusutan tumor yang sudah ada.

Untuk mencegah kanker, apakah perlu perhatian khusus pada pola makan?

Obesitas merupakan faktor risiko banyak penyakit kanker dan penyakit kritis. Oleh karena itu, mengontrol berat badan dan menjaga BMI tetap normal dapat membantu mencegah timbulnya penyakit.

Bagi pasien yang menjalani pengobatan kanker, obesitas dapat menimbulkan efek samping yang merugikan atau melemahkan efek kemoterapi. Oleh karena itu, penting untuk menjaga pola makan yang sehat dan melakukan olahraga teratur untuk menjaga berat badan yang sehat.

Benarkah makanan berpengawet seperti makanan kaleng menyebabkan kanker payudara?

Bahan pengawet dan bahan buatan tidak hanya dikaitkan dengan kanker payudara, tetapi juga kanker lain seperti kanker kolorektal, paru-paru, dan lambung. Pusat Penelitian Kanker di Amerika Serikat mempunyai catatan publikasi tentang semua karsinogen, bahan buatan, dan pengawet yang dapat menyebabkan kanker.

SURVEI SEPUTAR KANKER

Silakan mengisi survei berikut ini untuk membantu kami menghadirkan informasi yang lebih baik kepada Anda.