Diagnosis kanker mungkin sangat membingungkan dan membuat pasien menjadi khawatir. Namun, pasien harus yakin bahwa dirinya tidak sendirian. Ada banyak orang baik yang akan menemani pasien menjalani masa-masa penuh tantangan ini. Setidaknya, ada dokter ahli onkologi yang siap membantu pasien dalam proses pengobatan. Pasien pun berhak untuk bertanya dan berpartisipasi dalam pengobatannya.

Saat seseorang didiagnosis kanker, mungkin akan bertanya-tanya apa yang akan terjadi kemudian pada hidupnya? Pasien disarankan menyusun daftar pertanyaan tentang penyakitnya untuk ditanyakan kepada dokter ahli.

Pasien juga bisa mengajak orang yang dicintai untuk membantu mencatat saran penting dari ahli onkologi maupun memberikan dukungan emosional saat diperlukan. Berikut 10 pertanyaan yang bisa disampaikan pasien kepada dokter.

Apa jenis dan stadium kanker yang sedang diidap?

Memahami jenis kanker yang sedang diidap pasien adalah kunci untuk menyusun rencana perawatan yang efektif. Kanker adalah penyakit yang sangat kompleks. Jenis dan stadium kanker yang berbeda mungkin memerlukan pendekatan yang berbeda pula.

Semakin banyak informasi yang dimiliki pasien tentang kondisinya, semakin siap pasien untuk membuat keputusan yang terinformasi tentang perawatannya.

Apa pilihan perawatannya?

Setelah memperjelas jenis kanker yang diidap pasien dan tahapnya, pasien dapat mendiskusikan bersama ahli onkologi tentang pilihan perawatan yang memungkinkan. Memahami terapi potensial dan kombinasi yang tersedia, penting dalam usaha pengobatan kanker.

Apa manfaat dan risiko dari setiap perawatan?

Setiap pilihan perawatan memiliki serangkaian manfaat dan risiko. Ahli onkologi akan menjelaskan efek samping potensial, tingkat keberhasilan, dan hasil jangka panjang yang terkait dengan setiap pilihan perawatan, sehingga pasien bisa menimbang untuk membuat keputusan yang terukur dan sesuai kebutuhan.

Kapan perawatan dimulai?

Waktu perawatan adalah aspek penting dari perawatan kanker. Menyusun jadwal rencana perawatan yang sesuai kebutuhan pasien akan memungkinkan pasien untuk mengatur rutinitas lain di luar proses pengobatan.

Apa saja gejala baru yang harus diwaspadai setelah pasien mulai perawatan?

Mengenali dan mengatasi gejala yang muncul selama proses perawatan tidak hanya dapat meningkatkan kualitas hidup dan kenyamanan pasien, tetapi juga untuk mencegah komplikasi lebih lanjut. Selain itu, memahami gejala baru juga dapat membantu untuk memodifikasi perawatan yang diperlukan sehingga menghasilkan penatalaksanaan yang efektif.

Bagaimana perawatan akan memengaruhi rutinitas harian pasien?

Perawatan kanker mungkin memengaruhi atau mengubah rutinitas harian, pekerjaan, dan hubungan pasien. Penting untuk berbicara dengan ahli onkologi untuk melengkapi pengetahuan tentang cara mengelola perubahan ini.

Apakah perawatan akan memengaruhi kesuburan pasien?

Perawatan kanker, seperti kemoterapi dan terapi radiasi, dapat menyebabkan infertilitas sementara atau permanen. Oleh karena itu, pasien harus mengetahui opsi-opsi untuk menjaga kesuburan dengan ahli onkologi. Tindakan ini bisa jadi akan melibatkan peran dokter spesialis obstetri dan ginekologi (obgyn).

Apa layanan dukungan untuk membantu pasien mengatasi diagnosisnya?

Sepanjang proses pengobatan kanker, pasien mungkin memerlukan layanan dukungan untuk membantu mengatasi aspek psikologis penyakit.

CanHOPE—layanan informasi, konseling, dan dukungan kanker nirlaba untuk pasien dan keluarga yang disediakan oleh Parkway Cancer Centre—menawarkan konseling kanker, nutrisi dalam perawatan kanker, rehabilitasi, perawatan paliatif, dan kegiatan kelompok dukungan, serta program-program penatalaksanaan lainnya. Diskusikan dengan ahli onkologi tentang layanan yang dibutuhkan pasien.

Haruskah pasien mempertimbangkan untuk bergabung dalam uji klinis?

Berpartisipasi dalam uji klinis adalah kemungkinan yang dapat menawarkan akses pasien pada perawatan terkini. Tanyakan kepada ahli onkologi tentang ketersediaan uji klinis yang relevan, manfaat potensial, dan risiko yang ditimbulkan. Pasien boleh meminta pembahasan apakah uji klinis tersebut merupakan pilihan yang sesuai untuk jenis dan tahap kanker yang spesifik.

Apa peluang pasien untuk bertahan hidup dalam jangka panjang?

Pasien pasti harus membahas prognosisnya dengan ahli onkologi dan meminta penjelasan tentang segala keraguannya. Pahami bahwa pembicaraan tentang prognosis rumit karena kanker adalah penyakit yang sangat kompleks; dan setiap pasien adalah unik yang berarti bahwa setiap pasien dapat merespons sangat berbeda terhadap perawatan yang dijalaninya.

Mengambil kendali atas perjalanan kanker

Menavigasi proses penanganan kanker seseorang bisa menjadi kegiatan yang sulit. Namun, dapat menjadi lebih mudah jika memahami banyak hal tentang penyakit yang sedang diidap dan berbagai pilihan perawatan yang memungkinkan.

Pasien mungkin akan merasakan kecemasan karena ketidakpastian yang mereka hadapi. Namun, jika ada banyak kekhawatiran pasien yang mampu di jawab secara detail, hal ini dapat meningkatkan harapan hidup pasien.

Dengan berinteraksi secara aktif dengan ahli onkologi, pasien dapat mengambil kendali atas perjalanan kankernya dan melengkapi diri dengan kekuatan, harapan, dan keyakinan untuk melawannya.

Baca juga: Kanker Payudara HER2-positif Sangat Agresif, Perlu Perhatian Serius

SURVEI SEPUTAR KANKER

Silakan mengisi survei berikut ini untuk membantu kami menghadirkan informasi yang lebih baik kepada Anda.