Di antara berbagai jenis kanker payudara, kanker payudara HER2-positif diidentifikasi sebagai kanker sangat agresif dan memerlukan perhatian serius. Diperkirakan satu dari lima wanita yang didiagnosis menderita kanker payudara di seluruh dunia mengalami kanker payudara HER2-positif. Secara global, sekitar 334.000 wanita diagnosis menderita kanker payudara HER2-positif setiap tahunnya.

Dr Khoo Kei Siong dari Parkway Cancer Centre (PCC) sekaligus Konsultan Senior Onkologi Medis di Rumah sakit Gleneagles Singapura, menjelaskan pentingnya perhatian serius terhadap kanker payudara HER2-positif.

Kanker payudara HER2-positif terjadi ketika sel-sel di payudara memproduksi protein HER2 secara berlebihan. Sebagai sebuah protein yang berperan dalam pertumbuhan dan pembelahan sel, HER2 menjadi kunci dalam mekanisme perkembangan tumor.

Dalam kondisi kanker payudara HER2-positif, jumlah protein HER2 pada sel kanker melebihi batas normal, yakni sekitar dua juta pada permukaan sel atau sekitar 100 kali lipat lebih banyak daripada sel payudara normal.

Penting untuk memahami bahwa protein HER2 berpasangan (dimerisasi) dengan anggota keluarga HER lainnya. Dalam keluarga ini, terdapat empat protein HER yang melibatkan HER2 sebagai pasangannya. Proses berpasangan ini menjadi langkah krusial dalam jalur sinyal yang memicu pertumbuhan sel kanker.

HER2 dapat berpasangan dengan protein HER lainnya dan menciptakan sinyal-sinyal tambahan yang mendorong sel kanker tumbuh dan berkembang biak.

Obati sejak dini

Mengobati kanker payudara HER2-positif sejak dini telah menjadi perubahan besar dalam paradigma pengobatan dan harapan hidup pasien. Meskipun masih ada tantangan yang perlu diatasi, upaya kolaboratif dari komunitas medis, peneliti, dan pasien diharapkan dapat terus membawa terobosan baru dalam penanganan kanker payudara HER2-positif.

Deteksi dini, terapi yang tepat, dan penelitian lanjutan akan menjadi pilar utama dalam menghadapi penyakit ini dan meningkatkan kualitas hidup penderita.

Berkat kemajuan dalam riset dan pengembangan terapi, harapan hidup bagi penderita kanker payudara HER2-positif telah mengalami peningkatan pesat, terutama jika penanganan dimulai sejak dini.

Di masa lalu, orang dengan kanker payudara HER2-positif cenderung memiliki hasil kelangsungan hidup yang lebih buruk dibandingkan dengan mereka yang menderita penyakit HER2-negatif.

Namun, dalam 15 tahun terakhir, kemajuan signifikan telah dicapai. Saat ini penderita kanker payudara HER2-positif yang mendapatkan pengobatan biasanya mengalami hasil yang lebih baik daripada penderita penyakit HER2-negatif yang tidak terlalu agresif.

Meski demikian, karena saat ini belum ada obat untuk kanker payudara stadium lanjut HER2-positif, maka sangat penting bagi pasien untuk mendapatkan terapi yang efektif sedini mungkin untuk menyingkirkan kanker selamanya.

Ada pula masalah kanker yang kambuh dan berkembang menjadi stadium lanjut yang tidak dapat disembuhkan, yang lebih sering terjadi pada pasien kanker payudara HER2-positif. Faktanya, diperkirakan dua dari tiga kasus kanker payudara stadium lanjut (aBC) HER2-positif merupakan hasil dari kekambuhan, dan bukan kanker payudara stadium lanjut yang merupakan diagnosis awal.

Pentingnya mencegah kekambuhan kanker

Kanker payudara, terutama pada stadium lanjut HER2-positif, merupakan tantangan kesehatan yang signifikan dan memerlukan perhatian serius. Mencegah kekambuhan kanker bukan hanya tentang meningkatkan tingkat kelangsungan hidup, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap kesehatan fisik, fungsional, dan emosional pasien serta keluarganya.

Setengah dari wanita dengan kanker payudara stadium lanjut HER2-positif tidak akan hidup lebih dari lima tahun. Angka ini menunjukkan urgensi untuk terus memajukan pendekatan pencegahan dan perawatan guna meningkatkan tingkat kelangsungan hidup pasien.

Perawatan intensif dan rawat inap di rumah sakit seringkali diperlukan untuk membantu pasien menjalani hidup sebaik mungkin, meskipun dalam kondisi yang sulit. Ini dapat berdampak serius pada kesehatan fisik dan fungsional pasien. Terlebih lagi, banyak wanita terdiagnosis kanker payudara stadium lanjut HER2-positif masih memiliki tanggung jawab keluarga dan pekerjaan.

Tak hanya pasien yang mengalami tekanan psikologis yang signifikan akibat diagnosis. Melainkan sebanyak 67 persen pengasuh mengalami kecemasan dan 42 persen mengalami depresi.

Deteksi dini dan perawatan yang optimal tidak hanya memberikan peluang terbaik untuk memperpanjang hidup, tetapi juga dapat membantu mencegah kekambuhan kanker. Upaya dalam penelitian dan pengembangan terapi yang lebih efektif dapat menjadi kunci dalam menguatkan pertahanan kita terhadap kanker payudara, terutama jenis kanker yang agresif seperti HER2-positif.

Mengakhiri kekambuhan kanker payudara merupakan sebuah misi yang memerlukan kolaborasi antara pasien, tenaga medis, dan peneliti.

Karena kanker payudara HER2-positif merupakan kanker yang sangat agresif, kita wajib mewaspadai dan memberikan perhatian serius. Di antaranya dengan melakukan pemeriksaan secara mendalam.

Parkway Cancer Centre dapat menjadi solusi bagi Anda yang peduli terhadap kesehatan payudara, karena pusat medis terpadu bagi pasien kanker ini dapat membantu menjaga kesehatan payudara, melakukan pencegahan dini, hingga perawatan lanjutan.

Untuk itu, segera periksakan kesehatan payudara Anda untuk meminimalkan terjadinya kanker payudara yang agresif!

SURVEI SEPUTAR KANKER

Silakan mengisi survei berikut ini untuk membantu kami menghadirkan informasi yang lebih baik kepada Anda.