Gerard Wong/Parkway Cancer Centre

Mengonsumsi kudapan tidaklah selalu buruk bagi Anda. Ahli diet senior Gerard Wong dari Parkway Cancer Centre membahas beberapa kudapan sehat yang dapat menambah serat, protein, vitamin, dan mineral bagi diet Anda.

Campuran kacang-kacangan dan biji-bijian

Almond, kacang brasil, kacang mede, makadamia, kenari, biji labu, dan biji bunga matahari.

Manfaat: Mengandung banyak serat, mineral, protein, dan lemak tak jenuh, campuran kacang-kacangan, dan biji-bijian dihubungkan dengan menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Mereka juga dapat membantu mencegah beberapa kanker tertentu.

Hati-hati: Meskipun lemak di dalam kacang-kacangan dan biji-bijian sebagian besar adalah lemak yang baik, mereka tetap dapat memiliki kandungan lemak dan kalori yang tinggi. Perhatikan porsi Anda dan jangan makan terlalu banyak, khususnya bila Anda sedang berusaha menurunkan berat badan. Sebagai variasi, Anda juga dapat menambahkan sejumlah kecil buah-buahan yang dikeringkan ke dalam campuran ini.

Buah-buahan

Blackberry, raspberry, stroberi, apel, persik, jeruk, dan pir.

Manfaat: Buah-buahan tidak hanya secara alami mengandung banyak antioksidan, serat, mineral, dan fitonutrien, tetapi juga menyehatkan kulit dan membantu Anda melawan infeksi virus dan bakteri.

Hati-hati: Semua buah-buahan mengandung gula buah alami (dan beberapa buah dapat mengandung lebih banyak gula daripada buah yang lainnya). Usahakan agar selalu mengonsumsi buah utuh daripada jus buah karena pada akhirnya Anda akan memperoleh serat yang lebih sedikit dan kalori yang lebih banyak.

“Oatmeal”

Konsumsilah biji-bijian dan pilihlah oatmeal instan yang rendah gula atau tidak berperisa. Bumbui dengan taburan segar seperti buah beri segar, campuran kacang-kacangan, atau yoghurt.

Manfaat: Sebagai salah satu makanan padat gizi yang ada, oatmeal merupakan pilihan yang baik untuk sarapan atau kudapan guna mengatasi rasa lapar yang melanda. Sebagai suatu karbohidrat kompleks dan kaya serat, oatmeal dapat membantu Anda mengurangi berat badan serta menurunkan kadar gula darah (karena memiliki indeks glikemik yang rendah) dan kolesterol.

Yoghurt

Yoghurt tawar atau yoghurt yunani

Manfaat: Yoghurt merupakan sumber yang baik untuk kalsium, protein, kalium, dan probiotik yang bagus untuk jantung dan usus Anda. Yoghurt juga memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu melawan osteoporosis.

Hati-hati: Bila Anda mengonsumsi yoghurt buah atau berperisa, berhati-hatilah terhadap kandungan gula dan kalorinya yang lebih tinggi.

“Crispbread”

Sebagian besar cracker tawar mengandung tinggi natrium dan lemak jenuh. Untuk alternatif yang lebih sehat, cobalah Vita-Weat™, Ryvita™, cracker jagung tipis, atau cracker beras. Tambahkan rasa dengan taburan yang sehat, seperti keju rendah lemak, hummus, atau salmon asap.

“Hummus”

Gunakan sebagai saus yang lezat atau selai yang bergizi untuk wrap atau roti lapis gandum Anda.

Manfaat: Sebagai saus lembut yang berasal dari Timur Tengah yang secara khusus terbuat dari buncis, minyak zaitun, lemon, dan bawang putih, hummus mengandung banyak lemak sehat, serat, dan karbohidrat yang dicerna dengan lambat. Hummus dapat membantu mengendalikan kadar gula darah, menyehatkan pencernaan, dan menjaga berat badan dengan membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Anda ingin bertanya-tanya seputar kanker? Hubungi kami melalui Enquiry Form.

SURVEI SEPUTAR KANKER

Silakan mengisi survei berikut ini untuk membantu kami menghadirkan informasi yang lebih baik kepada Anda.