Pengobatan kanker, seperti kemoterapi dan radiasi, seringkali sangat efektif dalam membunuh sel kanker yang tumbuh cepat. Namun, efek samping dari pengobatan ini tidak bisa diabaikan. Dr See Hui Ti, seorang konsultan senior di bidang Onkologi Medis, membagikan wawasannya tentang manajemen pasca perawatan.

Penekanan pada deteksi dini

Setiap pasien memiliki risiko efek samping yang berbeda tergantung pada jenis dan jumlah kemoterapi serta radiasi yang mereka terima. Untuk mengurangi risiko efek samping yang kompleks, deteksi dini sangat penting.

Hal ini memungkinkan penggunaan perawatan yang lebih ringan, seperti kemoterapi dan radiasi yang lebih sedikit dosisnya.

Jenis efek samping

Efek samping kemoterapi dan radiasi bisa bervariasi, dari yang sementara hingga yang berlangsung bertahun-tahun. Yang umum di antaranya rambut rontok, mual, sembelit atau diare, penambahan atau penurunan berat badan, serta sariawan.

Namun, ada juga efek samping jangka panjang yang mungkin terjadi pada pasien dengan kanker stadium akhir, seperti toksisitas jantung atau risiko gagal jantung.

Manajemen efek samping

Meskipun banyak efek samping bersifat sementara dan dapat diatasi dengan terapi suportif tambahan, seperti faktor pertumbuhan untuk jumlah darah rendah, efek samping jangka panjang bisa menjadi masalah yang lebih serius.

Oleh karena itu, penting bagi pasien untuk berdiskusi dengan dokter tentang riwayat medis mereka dan mematuhi instruksi perawatan yang diberikan.

Peran pasien dalam manajemen efek samping

Pasien juga memiliki peran penting dalam mengatasi efek samping. Mereka harus mempertahankan gaya hidup sehat dengan makan nutrisi yang cukup, berolahraga, dan mengelola stres.

Selain itu, hindari kebiasaan merokok, minum alkohol berlebihan, dan makan makanan tidak sehat. Yang juga penting, pasien harus memperoleh nutrisi dari diet yang sehat dan seimbang, dengan suplemen hanya jika direkomendasikan oleh dokter.

Meskipun efek samping dari pengobatan kanker bisa menyebabkan kekhawatiran, manfaat pengobatan jauh lebih besar daripada risiko efek samping jangka panjang. Dengan manajemen pasca perawatan yang baik dan kolaborasi antara pasien dan dokter, pasien kanker dapat menghadapi perawatan mereka dengan lebih percaya diri dan memperoleh hasil yang lebih baik.

Parkway Cancer Centre (PCC) dengan layanan premier yang komprehensif dan terintegrasi dapat membantu Anda mengelola efek samping pasca pengobatan kanker agar pasien dapat lebih percaya diri.

SURVEI SEPUTAR KANKER

Silakan mengisi survei berikut ini untuk membantu kami menghadirkan informasi yang lebih baik kepada Anda.