Ketakutan akan kambuhnya kanker merupakan pengalaman umum yang dialami oleh banyak pasien kanker. Berikut ini penjelasan Jaime Yoe, konselor di Parkway Cancer Centre (PCC) tentang gejala umum dan alat pendukung untuk pasien yang menghadapi ketakutan selama perjalanan pengobatan kanker.

Ketakutan akan kekambuhan kanker

Ketakutan akan kekambuhan kanker merupakan pengalaman yang sangat umum yang dialami oleh banyak pasien kanker.

Kekhawatiran ini dapat menjadi sesuatu yang mereka hadapi kapan saja selama perjalanan perawatan mereka—apakah mereka baru saja didiagnosis atau telah menyelesaikan perawatan untuk sementara waktu.

Sampai batas tertentu, ketakutan ini normal, dan bahkan memotivasi banyak pasien kanker untuk mengubah gaya hidup sehat dan mengembangkan kebiasaan sehat untuk melakukan apa yang mereka bisa untuk mencegah kanker berulang.

Dalam beberapa kasus, banyak dari pasien ini menjadi lebih antusias dan terinspirasi untuk menjalani hidup secara berbeda dan sehat, yang selalu merupakan hal yang baik.

Namun, jika rasa takut menjadi melemahkan, dan mencegah mereka dari berfungsi dengan baik setiap hari dan menjalani hidup sepenuhnya, itu perlu ditangani.

Kekhawatiran yang sering dihadapi

Biasanya, peristiwa yang terkait dengan penemuan potensi kekambuhan kanker, seperti menunggu hasil pemindaian positron emission tomography (PET), secara alami akan memicu banyak kecemasan, kekhawatiran, dan kegugupan.

Salah satu kekhawatiran paling umum yang dihadapi oleh mereka yang terkena dampak adalah harus menjalani kemoterapi dan pengobatan kembali.

Setelah menjalani segala bentuk perawatan intensif, kebanyakan pasien berharap untuk melupakan seluruh pengalaman perawatan dan kembali ke kehidupan normal. Akibatnya, pikiran harus menjalani pengobatan lagi terkadang bisa menakutkan.

Kekhawatiran umum lainnya adalah apakah kanker akan kembali lebih agresif dan apakah pengobatannya akan efektif. Bagi sebagian orang, ada juga ketakutan akan kematian dan apa artinya ini bagi diri mereka sendiri atau orang yang mereka cintai.

Ketakutan atau kecemasan ini dapat bermanifestasi dalam bentuk pikiran yang mengganggu. Misalnya, mereka mungkin merasa khawatir dan merenungkan pikiran yang sama berulang kali (misalnya, “bagaimana jika kankernya kembali?”).

Ketika kekhawatiran seperti itu sering terjadi atau mengganggu, mungkin sulit bagi mereka untuk fokus dan berkonsentrasi pada tugas sehari-hari.

Beberapa pasien mungkin juga merasa rendah diri dan tertekan ketika kecemasan menjadi berlebihan dan menyulitkan mereka dalam menjalani hidup secara normal. Emosi terkait lainnya mungkin termasuk lekas marah atau rasa takut dan malapetaka yang akan datang.

Kecemasan juga dapat bermanifestasi secara fisiologis, melalui gejala seperti sakit kepala, ketegangan di tubuh, peningkatan denyut jantung atau tekanan darah, sesak napas, telapak tangan berkeringat, perubahan pola tidur, dan sebagainya.

Karena pengalaman kanker di masa lalu, pasien mungkin juga menjadi lebih sensitif atau waspada terhadap ketidaknyamanan fisik, sensasi atau rasa sakit di tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kepanikan setiap kali mereka mengalami sesuatu tidak biasa atau berbeda.

Dukungan bagi pasien

Jika Anda takut akan kekambuhan kanker, bicarakan dengan dokter tentang hal itu. Mereka mungkin meresepkan beberapa obat untuk Anda, merujuk ke psikiater, atau menyarankan Anda untuk berbicara dengan salah satu konselor PCC.

Konselor PCC selalu ada dan siap mendukung. Konseling memberi pasien ruang yang aman untuk berbicara tentang apa yang mereka alami dan rasakan tanpa dihakimi.

Dalam sesi konseling, pasien dapat bekerja dengan konselor untuk mengatasi ketakutan mereka, dan mendapatkan lebih banyak kesadaran diri, keterampilan mengatasi, perspektif, dan toleransi untuk mengatasi emosi yang tidak nyaman.

Konselor biasanya akan mengeksplorasi pasien akan kebutuhan mereka, mekanisme koping, sumber daya, dan apa yang berhasil atau tidak berhasil untuk mereka sebelumnya.

Terkadang, belajar untuk mengatasi kecemasan memerlukan beberapa keterampilan dan mempraktikkannya. PCC membimbing pasien melalui proses itu. PCC juga memanfaatkan kekuatan unik pasien.

Peran pengasuh dan keluarga

Pengasuh dan anggota keluarga dapat mendukung orang yang mereka cintai dengan memahami ketakutan mereka dan tidak mengabaikannya.

Seringkali, membicarakan ketakutan mereka dapat membantu mereka merasa lebih baik. Jadi, dukungan juga dapat diberikan dengan meluangkan waktu untuk mendengarkan dan membiarkan mereka mengungkapkan perasaan.

Mungkin juga bermanfaat untuk menemukan peluang untuk hak pilihan dan kendali dalam kehidupan orang yang Anda kasihi. Ketika seorang pasien telah melalui kanker dan ada kemungkinan mereka akan mendapatkannya lagi, mereka mungkin merasa tidak berdaya dan merasa seolah-olah mereka telah kehilangan kendali atas hidupnya.

Jadi, membantu mereka membangun kepercayaan diri dengan mendorong mereka untuk membuat keputusan dan menjalankan kemandirian dapat membantu mengurangi perasaan tidak berdaya dan kehilangan kendali.

Tak kalah penting, dorong mereka untuk berbicara dengan seorang konselor jika Anda memperhatikan atau merasa bahwa kecemasan mereka sulit untuk mereka atasi dan mulai memengaruhi kehidupan mereka sehari-hari.

Konselor di Parkway Cancer Centre (PCC) siap membantu Anda dan pasien untuk mengatasi ketakutan akan kekambuhan kanker.

SURVEI SEPUTAR KANKER

Silakan mengisi survei berikut ini untuk membantu kami menghadirkan informasi yang lebih baik kepada Anda.