Apa yang terjadi sebelum, selama, dan setelah pasien menjalani terapi radiasi? Berikut ini gambaran tentang hal-hal yang termasuk dalam perawatan ini.

Terapi radiasi atau radioterapi adalah perawatan kanker yang menggunakan sinar berenergi tinggi untuk menghancurkan sel kanker tanpa merusak organ dan jaringan sehat di sekitarnya. Terapi ini dapat digunakan sebagai kombinasi dengan perawatan lain seperti operasi atau kemoterapi.

Akan tetapi, apa saja yang tercakup dalam terapi radiasi? Memahami apa yang terjadi di balik layar sebelum, selama, dan setelah perawatan dapat membantu Anda mempersiapkan radioterapi dengan lebih baik.

Sebelum terapi dimulai

Briefing dan diskusi

Sebelum perawatan dimulai, Anda harus terlebih dahulu menemui ahli onkologi radiasi untuk membahas opsi perawatan dan jenis-jenis perawatan radiasi yang paling sesuai dengan kondisi medis dan kesehatan Anda.

Pada kesempatan ini, Anda akan diberi tahu tentang berapa lama pengobatan akan dilakukan dan seberapa sering akan diberikan serta efek samping, manfaat potensial, dan risiko terapi radiasi. Manfaatkan kesempatan ini untuk bertanya.

Simulasi pengobatan

Setelah Anda memutuskan untuk melanjutkan perawatan, pemindaian tomografi komputer (CT scan) akan dilakukan untuk mengidentifikasi tumor. Pemindaian PET / CT dan MRI mungkin juga direkomendasikan untuk memberikan dokter lebih banyak perincian tentang lokasi, bentuk, dan ukuran tumor.

Langkah ini memungkinkan tim terapi radiasi untuk memetakan target perawatan radiasi sehingga mereka dapat menyimulasikan pengobatan radiasi optimal, termasuk menghitung dosis radiasi yang tepat untuk dikirim ke sel-sel kanker secara tepat.

Perencanaan perawatan mungkin melibatkan beberapa hal berikut ini.

  • Peralatan imobilisasi: Sandaran kepala dan cetakan tubuh yang terbuat dari spons atau gips dapat digunakan untuk membantu Anda tetap diam dengan nyaman selama perawatan. Mereka akan membantu Anda meminimalkan gerakan tubuh yang dapat mengganggu ketepatan perawatan. Pilihan alat imobilisasi akan tergantung pada lokasi perawatan atau teknik perawatan.
  • Penanda kulit: Ahli terapi radiasi dapat menerapkan tanda pada kulit Anda untuk memastikan bahwa area yang tepat yang diidentifikasi selama simulasi CT dapat direproduksi secara akurat selama sesi radioterapi. Anda akan diberi instruksi tentang perawatan kulit untuk menghindari menghilangkan tanda-tanda ini selama perawatan. Jika tanda tidak jelas, tim perawatan akan melakukan verifikasi pencitraan yang diperlukan untuk memastikan akurasi perawatan.

Perencanaan perawatan

Dipersenjatai dengan CT scan, ahli onkologi radiasi Anda akan bekerja dengan ahli fisika untuk mengembangkan rencana perawatan terkomputerisasi yang merinci area target, dosis radiasi, dan distribusi untuk memastikan bahwa radiasi disampaikan secara tepat dan aman.

Rencana tersebut dirancang sesuai dengan lokasi dan ukuran tumor, dan mungkin memerlukan sejumlah sinar radiasi untuk diarahkan pada sudut yang berbeda dengan dosis dan distribusi yang berbeda. Perangkat lunak komputer dengan algoritma khusus digunakan untuk mengoptimalkan rencana ini, untuk memastikan radiasi disampaikan secara akurat.

Penyesuaian rencana perawatan dapat memakan waktu mulai dari beberapa jam hingga beberapa hari, tergantung pada seberapa kompleks perawatan radiasi Anda. Dan, jika ada modifikasi yang dilakukan, harus disetujui oleh ahli onkologi radiasi dan diperiksa sebelum pengobatan dapat dimulai.

Selama terapi berjalan

Perawatan

Selama perawatan, terapis radiasi akan mengoperasikan mesin radiasi untuk mengirimkan sinar radiasi sesuai dengan rencana perawatan. Setiap sesi perawatan dapat berlangsung dari 15 hingga 30 menit tergantung pada seberapa kompleks rencana perawatannya. Seluruh kursus perawatan dapat berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa minggu, tergantung pada jenis perawatan radiasi yang Anda resepkan.

Efek samping

Anda mungkin mengalami berbagai efek samping dari terapi radiasi, terutama di sekitar area perawatan. Ahli onkologi radiasi dan terapis radiasi Anda akan membantu Anda mengatasi efek samping ini dan, jika perlu, meresepkan obat untuk membantu Anda mengelolanya dengan lebih baik. Jangan ragu untuk bertanya dan biarkan mereka tahu kekhawatiran Anda tentang efek sampingnya.

Setelah terapi selesai

Setelah menyelesaikan kursus perawatan, Anda akan diberikan ulasan posttreatment dalam waktu dua minggu hingga beberapa bulan, tergantung pada rekomendasi dokter Anda. Janji tindak lanjut dimaksudkan untuk membantu ahli onkologi radiasi Anda memeriksa pemulihan Anda dan efek samping yang mungkin muncul setelah perawatan.

SURVEI SEPUTAR KANKER

Silakan mengisi survei berikut ini untuk membantu kami menghadirkan informasi yang lebih baik kepada Anda.