Memahami kanker, opsi perawatan, dan kemungkinan efek samping dapat membantu Anda mengambil pilihan yang tepat untuk anak Anda.

Untuk mendukung anak Anda dengan lebih baik menjalani perawatannya, akan sangat membantu apabila memiliki pemahaman tentang terapi radiasi secara umum. Termasuk di antaranya, Anda memahami apa itu terapi radiasi, bagaimana cara kerjanya, dan bagaimana hal itu akan membantu anak Anda.

Berbicaralah dengan ahli onkologi radiasi anak Anda dan tim terapi radiasi untuk mengetahui apa yang perlu Anda ketahui. Mereka juga akan mendiskusikan dan membantu Anda memahami pilihan terapi radiasi (jenis yang akan digunakan), efek samping, serta potensi manfaat dan risiko.

Berikut ini sejumlah jawaban untuk pertanyaan yang mungkin Anda ajukan.

Apa yang terjadi sebelum sesi pertama terapi radiasi anak saya?

Setelah memberikan izin untuk anak Anda untuk melanjutkan terapi radiasi, pertemuan akan dijadwalkan bagi anak Anda untuk menjalani sesi simulasi perawatan.

Hal ini diperlukan untuk mendapatkan perincian anatomi anak Anda dan lokasi tumor, memungkinkan ahli onkologi radiasi dan ahli fisika untuk mengembangkan rencana perawatan yang disesuaikan. Perencanaan akan menentukan daerah sasaran pengobatan, dosis radiasi, dan distribusi untuk memastikan bahwa berkas radiasi disampaikan secara akurat sehingga meminimalkan kerusakan pada jaringan sehat di sekitarnya. Terkadang, pemindaian lain seperti PET/CT atau MRI dapat dilakukan.

Anak Anda juga akan menjalani prosedur imobilisasi, yang memastikan bahwa ia akan diposisikan dengan cara yang sama untuk setiap perawatan. Untuk membantu dia tidak bergerak-gerak, masker kepala dan leher, atau cetakan tubuh, dapat dibuat agar pas dengan nyaman sambil mengurangi gerakan tubuh. Penandaan kulit juga dapat dilakukan untuk memastikan bahwa area perawatan diperlakukan secara konsisten sepanjang keseluruhan terapi radiasi.

Apa yang terjadi pada anak saya selama sesi terapi radiasi?

Setelah ia ditempatkan di kursi perawatan, ahli onkologi radiasi dan/atau terapis akan meninggalkan ruangan sesaat sebelum terapi radiasi dimulai. Namun, ahli onkologi radiasi dan/atau terapis akan terus memantau anak Anda secara visual melalui kamera dari ruang kontrol, yang berada di luar ruang perawatan, dan dapat berbicara dengan anak Anda melalui speaker di ruang perawatan.

Apakah anak saya butuh sedasi?

Jika anak Anda masih sangat muda dan merasa tidak nyaman tinggal di ruang perawatan sendirian (atau merasa sulit untuk tetap diam selama perawatan), ia mungkin harus dibius. Bicaralah dengan ahli onkologi radiasi dan/atau ahli anestesi untuk memastikan apakah sedasi diperlukan.

Seberapa sering terapi radiasi biasanya dilakukan? Berapa lama setiap perawatan?

Anak-anak biasanya menerima terapi radiasi sekali sehari dari Senin hingga Jumat, dan seluruh kursus dapat berlangsung dari satu hingga enam atau tujuh minggu, tergantung pada jenis dan tujuan perawatan.

Apakah anak saya akan radioaktif? Apakah dia akan meneruskan radiasi kepada saudara kandungnya atau orang lain?

Tidak, anak Anda tidak akan menjadi radioaktif setelah terapi radiasi sinar eksternal. Setiap orang yang menerima perawatan terapi radiasi tidak akan menjadi radioaktif setelah perawatan karena radiasi akan diserap ke dalam jaringan tubuh tanpa efek yang tersisa. Ini benar-benar aman untuk anak Anda dan orang-orang di sekitarnya.

Bagaimana dengan efek sampingnya?

Beberapa efek samping dari terapi radiasi dapat diharapkan meskipun mereka mungkin berbeda untuk orang yang berbeda. Efek samping yang umum termasuk kelelahan, penurunan jumlah darah, perubahan kulit, dan masalah makan. Bicaralah dengan ahli onkologi radiasi anak Anda tentang apa yang dapat dilakukan untuk mencegah atau mengobati efek samping umum dan yang spesifik untuk daerah yang sedang dirawat. Dia mungkin merujuk Anda ke ahli diet bersertifikat yang dapat membimbing Anda tentang cara memastikan bahwa anak Anda mendapatkan nutrisi yang cukup.

Tips Praktis, Bagaimana Saya Bisa Membantu Anak Saya?

Persiapkan anak Anda untuk terapi radiasi

  • Beri tahu anak Anda apa yang dapat ia harapkan di ruang radiasi. Anda bisa membawanya ke unit terapi radiasi dan membiarkannya bertemu staf, dan biarkan dia melihat-lihat mesin dan ruang perawatan beberapa minggu sebelum perawatan dimulai.
  • Buat permintaan khusus kepada tim klinis agar anak Anda mengunjungi klinik radiologi sehingga ia akan merasa lebih nyaman dengan lingkungan.
  • Dapatkan bantuan dari para profesional kesehatan untuk memberikan informasi yang sesuai usia tentang pengobatan kanker itu sendiri atau efek sampingnya sehingga anak Anda dapat mengerti, misalnya menggunakan gambar.

Beri anak Anda dukungan dan keamanan emosional

  • Tetap sedekat mungkin secara fisik dengan anak Anda sebelum, selama, dan setelah perawatan sehingga ia akan merasa aman dan terjamin. Ia membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan proses perawatan.
  • Cari tahu strategi apa yang dapat Anda gunakan untuk membantu anak Anda menangani emosi seperti kecemasan, ketakutan, dan kesedihan. Misalnya, Anda bisa mengalihkan perhatiannya dengan video atau menceritakan kisahnya melalui headphone, atau membiarkannya membawa mainan boneka bersamanya ke ruang perawatan. Minta anak Anda untuk memilih apa yang dia suka. Selain itu, gunakan pendekatan lain seperti teknik relaksasi.

Anda ingin bertanya-tanya seputar kanker? Hubungi kami melalui Enquiry Form.

SURVEI SEPUTAR KANKER

Silakan mengisi survei berikut ini untuk membantu kami menghadirkan informasi yang lebih baik kepada Anda.